Cara Membuat Pot Beton Minimalis dengan Mudah

Cara Membuat Pot


Sesuai namanya, pot beton merupakan salah satu jenis pot yang terbuat dari bahan beton. Pot jenis ini biasanya digunakan untuk menanam bunga dengan ukuran cukup besar. Karena kekuatannya yang cukup tinggi, pot beton seringkali dipasang di depan rumah atau tempat terbuka lainnya. Tidak harus membeli, Anda bisa membuat pot beton sendiri. Pot buatan sendiri juga lebih memuaskan karena merupakan ide kreatif Anda sendiri. Langsung saja bagi Anda yang tertarik, berikut ini cara membuat pot beton minimalis yang mudah diikuti:


Memilih Cetakan

Langkah pertama yaitu menyiapkan dua cetakan dengan bentuk yang sama persis namun ukurannya harus berbeda. Selisih ukurannya harus lebih dari 5 cm agar hasil pot yang dibuat tidak terlalu tipis. Ada beberapa bahan yang bisa Anda gunakan sebagai cetakan, diantaranya yaitu kardus, kaca, plastik, dan stainless steel.

Melapisi Cetakan

Cara membuat pot beton minimalis langkah kedua yaitu melapisi cetakan dengan bensin, solar, atau minyak tanah. Anda bisa memilih salah satu dari ketiga minyak mineral tersebut. Adapun tujuan pelapisan cetakan ini yaitu untuk memudahkan Anda ketika akan mengeluarkan pot dari cetakan. Cetakan dari kaca lebih bagus digunakan karena minyak tidak bisa terserap ke dalamnya.

Mencampur Beton dan Menuangkannya Dalam Cetakan

Tinggalkan dulu cetakan tersebut, kemudian beralihlah untuk membuat campuran beton. Usahakan untuk memakai sarung tangan saat mencampur beton agar tangan terlindungi. Setelah mencampur beton, letakkan batu di bagian dasar cetakan untuk jalan air. Tuang beton ke dalam cetakan yang telah Anda siapkan. Jangan lupa mengisi ruang antara dua cetakan dengan sisa beton.

Tunggu Proses Pengeringan

Bungkuslah cetakan beton dengan plastik lalu tunggu proses pengeringan dengan mendiamkannya selama 2 hari. Apabila sudah kering, Anda bisa melepas cetakan dengan hati-hati dan diamkan kembali selama sekitar seminggu. Agar permukaan lebih cerah, Anda bisa mengusapnya setiap hari dengan lap basah.

Itulah cara membuat pot beton minimalis yang bisa Anda ikuti. Sangat mudah bukan? Apabila ingin mendapatkan pot yang lebih berkualitas, Anda bisa memilih merk semen terbaik yaitu Semen Tiga Roda. Ada semen berwarna abu dan juga semen putih sehingga bisa Anda kreasikan menjadi warna yang cantik. Lebih jelasnya mengenai produk Semen Tiga Roda bisa Anda lihat di website sementigaroda.com.


Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar