4 Kegiatan Asik untuk Menghilangkan Anak Kecanduan Gadget


Bermain merupakan  salah satu aktivitas yang paling ditunggu oleh anak-anak. Mereka akan lebih bersemangat jika diajak bermain,  apalagi bermain yang memakai aktifitas fisik. Namun, seiring waktu aktivitas tersebut tergantikan oleh gadget. Bahkan yang lebih parah, anak kecanduan gadget. 

Sebagai orang tua, harus menyikapi hal tersebut dengan bijak. Karena ketika anak kecanduan gadget, bukan hanya kesehatannya yang mulai terganggu. Bahkan sosialisasinya juga mulai terganggu. Untuk itu, sebelum anak mulai parah kecanduan gadget. Orang tua bisa memberikan beberapa permainan yang bisa mengalihkan anak dari gadget. Apa saja permainannya? Berikut contohnya.



1. Permainan puzzle

Permaianan yang pertama adalah puzzle. Puzzle merupakan permainan menyusun gambar. Secara tidak langsung permainan ini mengasah daya pikir anak. Sehingga anak akan berpikir keras untuk menyusun kepingan gambar menjadi gambar yang utuh. Selain itu, puzzle juga  melatih kesabaran anak dalam menyelesaikan masalah. 

2. Bersepeda

Permainan selanjutnya adalah melakukan kegiatan bersepeda. Ajak anak untuk bersepeda bersama-sama sehingga pikirannya tidak selalu gadget. Bukan hanya itu saja, bersepeda juga menyehatkan badan anak karena aktivitas ini lebih banyak mengeluarkan energi. Selain sehat, anak juga tidak mudah kecanduan gadget.

3. Memasak bersama

Ternyata kegiatan memasak bisa mengalihkan anak dari gadget. Apalagi dilakukan bersama orang tua. Lakukan kegiatan ini dengan memasak masakan kesukaan si kecil. Jangan takut jika masakan akan gagal, yang terpenting anak-anak senang dengan kegiatannya. Biarkan dapur kotor sedikit, demi anak yang bebas dari kecanduan gadget.

4. Permainan lego

Permainan ini cukup populer di kalangan anak laki-laki dan perempuan. Hampir sama dengan permainan puzzle, permainan lego menyusun bongkahan-bongkahan kecil dari plastik yang berwarna warni. Permainan ini bisa meningkatkan kreatifitas anak. Sehingga kemampuan otak anak akan mulai terangsang untuk berpikir. 

Itulah beberapa macam permainan untuk anak kecanduan gadget. Berikan pengertian jika anak mulai kecanduan. Bersama anak-anak jika bermain untuk memberikan kepastian kalau orang tuanya peduli dengannya. Berikan contoh yang baik dengan tidak memegang gadget ketika bersama mereka. Semoga bermanfaat. 

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar