Ini Dia Metode Pemasaran Digital Yang Tepat Untuk Anda !

Anda Memiliki Produk dengan harga terjangkau seperti power bank, atau produk lain dengan harga cukup mahal, atau sebuah Jasa dan ingin memasarakannya secara digital, tapi anda tidak tahu metode apa atau bagaimana cara memasarkannya? Tenang Saja Kami Punya solusinya.

Apa Itu Digital Marketing

Anda mungkin sudah familiar tentang digital marketing / pemasaran digital, Tapi Apakah posting di Social media saja sudah cukup untuk pemasaran digital? Atau membuat blog dan artikel saja juga sudah termasuk digital marketing?. Posting dan Blog memang termasuk dalam metode pemasaran digital tapi 2 hal itu saja sangat tidak cukup. 

Digital Marketing mencangkup berbagai hal yang berkaitan dengan segala aktifitas di dunia maya yang bertujuan untuk pemasaran. Posting di social media, Blogging, Designing, FB & Instagram Ads, SEO, SEM dan masih banyak lagi. Kemudian muncul pertanyaan “lalu apa metode yang tepat untuk produk saya?”

Pemasaran digital dapat melalui berbagai platform seperti social media, website, untuk produk berbasis aplikasi dapat menggunakan Google play dan lain sebagainya. 

Kenali Produk Anda

Sebelum melangkah kepada metode pemasaran digital yang tepat anda perlu mengenali dahulu produk anda, apakah itu Barang atau Jasa? Kemudian Target Market anda, Juga Kompetitor Anda. Karena Beda TIpe produk, memiliki target pasar yang berbeda, juga strategi pemasaran yang berbeda pula.

Sebagai contoh studi kasus ada 2 tipe unit usaha yaitu Kaos Distro dan jasa mobil pick up. Apabila anda sebagai pemilik kaos distro platform mana yang akan anda pakai? Begitu pula jasa mobil pick up, apakah anda akan memakai strategi dan platform yang sama?

Apabila kita menganalisa sedikit tentang kaos distro barang tersebut termasuk kategori fashion dan juga “fast moving goods” (barang yang mudah untuk dijual) mirip seperti powerbank karena rata rata harga kaos distro cukup terjangkau dan memiliki target pasar di usia muda . Tipe barang seperti ini lebih cocok anda pasarkan melalui platform Instagram dan facebook.  Kenapa? Karena Facebook dapat mentarget target pasar yang spesifik seperti umur, pekerjaan, dan Instagram adalah social media yang mengedepankan Gambar / Foto sebagai poin utamanya, maka dari itu Instagram adalah platform yang paling tepat untuk memasarkan produk Fashion seperti baju, kaos, sepatu dll. 

Lalu Bagaimana dengan Jasa mobil pick up? Orang orang yang membutuhkan jasa mobil pick up tidak terkait dengan umur, dan kecil kemungkinanya untuk calon pelanggan memakai jasa pada saat iklan itu sampai kepada target audience, para pengguna jasa angkut mobil pick up cenderung mencari jasa tersebut pada saat mereka membutuhkannya. Makan dari itu menurut saya platform website / aplikasi adalah bentuk pemasaran yang cocok untuk jasa seperti ini. Hal tersebut dikarenakan orang orang cenderung mencari apa yang mereka butuhkan melalui google, daripada facebook dan Instagram yang bernuansa social media.

KONSULTASI

Itu adalah hanya sedikit dari sekian kasus yang bisa di pelajari, tentunya tidak selamanya produk fast moving hanya bisa dipasarkan melalui facebook dan Instagram, apabila memiliki kriteria tertentu ada kalanya ia lebih cocok di iklankan melalui platform lain.

Mengatur strategi pemasaran digital yang tepat memang butuh skill yang memumpuni agar budget dapat digunakan dengan se-efisien mungkin maka dari itu, konsultasikanlah produk dan goal anda kepada konsultan Advertising agency jakarta, dengan melalui konsultasi kepada pihak yang tepat anda dapat menghemat waktu, biaya , tenaga juga meminimalisir kegagalan pada saat mempromosikan produk anda.

Maraknya era covid-19 ini pemasaran digital menjadi opsi utama dalam melakukan penjualan, penerapan PSBB, Stay at home, tidak kontak fisik, juga menghindari kerumunan orang akan menghambat metode pemasaran konvensional, maka dari itu penjualan melalui media digital adalah solusi pemasaran anda.


Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar