Cari Tahu Macam-Macam Deposito Dan Kegunaan Kalkulator Deposito

kalkulator deposito

Deposito merupakan salah satu langkah tepat untuk menjaga keuangan Anda agar tetap stabil. Tepat dalam memilih deposito pun juga akan memberikan keuntungan yang lumayan. Bagi Anda yang baru dalam hal ini ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu macam-macam deposito.  Selain itu, Anda juga harus memahami cara kerja kalkulator deposito karena dari situlah Anda akan mengetahui berapa bunga yang akan Anda terima.

4 Macam Deposito

Berikut merupakan beberapa macam deposito yang perlu Anda ketahui sehingga Anda dapat memilih jenis deposito yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Deposito Berjangka

Sesuai dengan namanya, deposito ini mempunyai jangka waktu tertentu. Dengan kata lain, jika Anda mendepositokan sejumlah uang Anda maka selama jangka waktu yang ditentukan uang tersebut tidak bisa Anda gunakan. Anda diperbolehkan untuk mencairkan uang tersebut jika sudah tiba jatuh tempo.

kalkulator deposito

Umumnya, jangka waktu yang ditawarkan oleh bank penyelenggara deposito yaitu mulai dari yang paling singkat 1 bulan – 6 bulan dan bisa pula hingga 24 bulan. Anda dapat memilih lama waktu deposito sesuai dengan kebutuhan Anda mengingat uang tersebut tidak dapat ditarik sewaktu-waktu seperti tabungan.

Sertifikat Deposito

Deposito jenis ini merupakan produk yang biasanya dikeluarkan oleh lembaga keuangan atau bank. Sertifikat deposito lebih umum dikenal dengan SDB yang mana surat kepemilikan instrumen hutang ini dapat diperjual belikan. Hal menarik dari sertifikat deposito yaitu Anda dapat menggunakan valuta asing sedikitnya senilai 10 milyar. Selain itu, deposito jenis ini memberikan jangka waktu hingga 36 bulan lebih lama.

Deposito Automatic Roll Over

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa untuk pencairan deposito harus sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang telah disepakati oleh deposan dan pihak bank. Namun, jika Anda memilih deposito jenis ini dan tidak mengambil uang Anda di waktu yang telah disepakati maka secara otomatis pihak bank akan memperpanjang deposito Anda. Perpanjangan tersebut dapat dilakukan tanpa persetujuan terlebih dahulu karena sudah menjadi persyaratan dari deposito automatic roll over.

Deposito On Call

Bagi Anda yang ingin menyimpan uang dalam jumlah yang cukup besar sangat cocok menggunakan deposito on call. Jumlah bunga yang ditawar masing-masing bank berbeda sehingga Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu untuk mendapatkan bunga yang tinggi.

Perhitungan bunga deposito on call akan dilakukan setiap bulan dengan tujuan untuk mengetahui bunga tetap yang diberlakukan. Cara pencairan Bungan cukup cepat dan mudah dilakukan. Anda harus mengkonfirmasi pihak bank terlebih dahulu dan hanya perlu menunggu selama tiga hari.

Deposito Online Bank Sinarmas

Agar Anda dapat mengetahui imbalan bunga yang akan Anda dapatkan maka menghitungnya dengan menggunakan kalkulator deposito. Perhitungan tersebut digunakan untuk mengetahui besar bunga setiap bulannya dari uang yang Anda simpan. Berikut merupakan rumus menghitungnya:

Bunga per bulan = Jumlah deposito x bunga per tahun (%) x (jumlah hari dalam 1 bulan (30): jumlah hari dalam 1 tahun) x 80%

Bank Sinarmas kini telah membuka layanan deposito online dengan persyaratan yang mudah. Setoran minimal untuk investasi deposito sudah bisa dilakukan mulai dari Rp. 500.000,-. Menariknya lagi, jumla suku bunga yang ditawarkan cukup tinggi yaitu itu 5,7 % a.p 

Cara melakukan deposito online mudah yaitu Anda harus menjadi nasabah bank Sinarmas terlebih dahulu. Selanjunya, silahkah unduh aplikasi Simobi secara gratis. Dengan aplikasi tersebut Anda akan lebih mudah untuk mendaftarkan deposito online dan silahkan tentukan sendiri jangka waktu yang diinginkan.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar