5 Elemen Dasar yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Kuliah Design

Desain menjadi salah satu bidang yang paling dibutuhkan saat ini. Apalagi perkembangan digital yang semakin meningkat membuat ahli desain dibutuhkan di semua jenis perusahan. Salah satu cara agar bisa menjadi ahli desain adalah dengan menempuh kuliah design. Dalam perkuliahan ini Anda akan mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan desain secara mendalam.

Namun sebelum memulai perkuliahan, sebaiknya Anda ketahui apa saja elemen dasar yang ada di dalam desain. Jika mengetahui elemen dasar ini maka Anda bisa mengikuti pembelajaran dengan mudah. Setidaknya ada 5 elemen dasar dari desain yang harus Anda ketahui yaitu:

Color

Color atau warna merupakan salah satu elemen dasar yang mampu memberikan identitas pada karya yang Anda buat. Sifat psikologis pada beberapa warna terkadang juga bisa membuat seseorang mampu memberikan penilaian meskipun hanya melihatnya sekilas. 

Sebagai contoh yaitu warna pink yang lebih identik dengan kesan romantis, feminin, girly, dan lain sebagainya. Apabila seseorang melihat karya seni yang dominan berwarna pink maka ia akan memiliki stereotip bahwa karya tersebut mengandung hal-hal feminin, romantis, atau girly. Padahal sebenarnya tidak selamanya pink itu menampilkan hal-hal yang romantis dan girly.

Space

Space merupakan bagian atau jarak antara elemen objek dengan elemen desain lainnya. Untuk lebih mudahnya, space merupakan area kosong yang tidak berisi gambar maupun elemen desain lain. Pada umumnya, space dipakai untuk memisahkan atau mengelompokkan informasi-informasi yang ada. Selain itu, elemen dasar ini juga mampu memberikan keselarasan dan keseimbang dari karya yang Anda buat.

Shape

Elemen dasar yang harus Anda ketahui sebelum kuliah design selanjutnya adalah shape atau bentuk. Shape adalah penggabungan dari beberapa garis yang menciptakan pola-pola tertentu sesuai keinginan desainer.

Shape pada sebuah desain bisa memiliki bentuk yang beragam mulai dari bentuk sederhana hingga kompleks. Meskipun sederhana, sebuah shape bisa menyampaikan pesan atau menimbulkan suasana apabila dibentuk dengan karakter yang kuat. Oleh sebab itu, desainer yang baik harus mengerti tujuannya dalam membuat sebuah karya.

Value

Value atau nilai adalah elemen yang sangat penting dalam sebuah karya. Jadi tidak hanya memperhatikan keindahan saja, sebuah karya yang dibuat desainer juga harus memiliki nilai di dalamnya. Pada dasarnya, value akan mengacu pada seberapa terang ataupun gelap area khusus dalam sebuah karya desain.

Texture

Elemen dasar desain terakhir yang harus Anda ketahui adalah texture atau tekstur. Texture dalam desain yaitu permukaan desain yang dapat diraba atau dilihat langsung dengan panca indra manusia. Hal tersebut membuat texture menjadi elemen yang berbeda dibandingkan elemen desain lain. Texture memang tidak menjadi elemen utama, namun elemen ini mampu menambah kualitas visual yang dihadirkan sebuah karya seni.

Kuliah Desain Terbaik di International Design School

Setelah mengetahui elemen dasar dalam bidang desain, selanjutnya Anda perlu memilih institusi pendidikan terbaik untuk membantu mendapatkan skill yang sesuai kebutuhan dunia desain. International Design School atau IDS menjadi institusi pendidikan yang bisa Anda pilih. Salah satu keunggulannya yaitu kurikulum yang disesuaikan dengan industri desain saat ini. Jadi mahasiswa lulusannya akan lebih siap saat masuk ke dunia kerja.

Selain itu, IDS juga menghadirkan tim pengajar yang kompeten dan berpengalaman. Pasalnya tim pengajar tersebut berasal dari praktisi industri kreatif dan desain yang mengetahui keadaan dunia desain. Anda yang kuliah design di IDS berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri karena institusi ini bekerja sama dengan universitas ternama Australia. Selengkapnya mengenai program yang dihadirkan bisa Anda lihat pada website idseducation.com.

Meta Des: Kuliah design menjadi salah satu cara agar Anda bisa bekerja di industri desain yang menjanjikan. Namun sebelum kuliah design, ketahui apa saja elemen dasar desain agar pembelajaran lebih mudah.



Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar