6 Cara Alami Menyembuhkan Batuk Pada Anak

cara menyembuhkan batuk pada anak

Usia perkembangan anak yang belum maksimal untuk sistem imun nya menjadikan anak bisa dengan mudah mengalami sakit, salah satu penyakit yang biasanya sering menyerang anak yaitu batuk. Walaupun termasuk penyakit yang tidak begitu berat akan tetapi jika terjadi pada anak tentunya bisa membuat perasaan orang tua menjadi cemas, sehingga perlu dilakukan pengobatan yang tepat. Untuk mengatasi batuk sendiri berbagai cara dapat dilakukan akan tetapi mengingat usianya maka cara menyembuhkan batuk pada anak dengan bahan-bahan yang alami bisa menjadi pilihan tepat.

Penggunaan bahan yang alami dapat meminimalisir adanya efek samping yang diakibatkan dari pemberian obat-obatan kimia. Selain itu penggunaan bahan alami tentu saja bisa lebih mudah didapatkan dengan biaya yang relatif lebih murah bahkan bisa didapatkan dengan gratis disekitar rumah. Selanjutnya sebagai cara menyembuhkan batuk pada anak dengan bahan yang alami berikut ini diantaranya.

cara menyembuhkan batuk pada anak

Perhatikan minum anak. Saat anak batuk sebaiknya diperhatikan konsumsi cairan yang diminum. Untuk konsumsi minuman ini anda dapat memberikan air hangat agar bisa meredakan gejala yang lebih banyak seperti sakit tenggorokan, kelelahan, dan menggigil. Selain air putih hangat anda juga bisa memilih beberapa jenis cairan hangat lainnya seperti memberikan air teh herbal, teh hitam, air kaldu bening, dan yang lainnya.

Gunakan minyak gosok hangat. Yang dapat dipilih untuk dijadikan sebagai minyak obat gosok seperti vaporub. Gunakan untuk menggosok pada bagian anak anda dan hindari bagian mulut, hidung, dan mata. Selain itu juga bisa dipilih dari bahan alami lainnya seperti dengan menggunakan campuran minyak esensial, dan lilin lebah. Perlu diketahui untuk penggunaan minyak esensial seperti minyak eukaliptus atau minyak peppermint yang biasa ada di toko atau supermarket pada penggunaannya sebaiknya tidak digunakan terlebih dahulu pada anak yang masih kecil.


Memberikan susu. Memberikan minuman seperti susu juga bisa menjadi alternatif dalam proses penyembuhan batuk anak. Dengan pemberian susu bisa membuat kondisi anak terhindar dari dehidrasi, ditambah lagi dengan kandungan vitamin D pada susu yang berpengaruh untuk meningkatkan sistem imun pada anak.

Jus lemon. Memberikan buah lemon juga bisa menjadi obat untuk penyembuhan batuk anak, anda bisa mengolahnya menjadi jus lemon yang segar atau hangat. Untuk pemberiannya sendiri jika anak masih kecil bisa diberikan satu sendok teh per tiga jam dengan diselingi air hangat. Akan tetapi jika anak sudah cukup besar bisa membuatnya langsung dengan campuran madu untuk meminimalisir rasa asem.

Memperhatikan posisi kepala anak. Posisi anak juga bisa berpengaruh untuk penyembuhan anak, caranya jika anak berusia lebih dari satu tahun atur posisi bantal dibawah punggung dan bahu sehingga posisi kepala dapat lebih tegak dan mudah untuk bernafas saat tidur. Kemudian jika untuk bayi dapat dilakukan dengan meletakan bantal di bawah kasur tempat tidurnya sehingga kepalanya sedikit terangkat.

Teknik penguapan. Melakukan teknik penguapan juga bisa menjadi salah satu solusi penyembuhan batuk anak. Untuk membuatnya anda hanya perlu sebuah wadah atau mangkuk dengan air panas. Kemudian biarkan anak bersandar dan dekatkan mangkuk ke wajahnya, taruh juga anduk di atas kepalanya agar menjebak uap. Lakukan kurang lebih selama 5 menit selang-seling jika anak merasa panas sampai dingin. Selain cara ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan humidifier berupa alat penguap rumah.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar