Inilah Mengapa Cyber Security Indonesia Penting bagi Anda

 cyber security indonesia

Mari kita hadapi satu alk ini, bahwa hari ini kita hidup di dunia digital. Kehidupan kerja, kehidupan pribadi, dan keuangan kita semuanya mulai mengarah ke dunia internet, komputasi seluler, dan media elektronik. Sayangnya, fenomena yang tersebar luas ini membuat kita lebih rentan terhadap serangan jahat, pelanggaran privasi, penipuan, dan ketidaknyamanan lainnya. Itulah mengapa cyber security Indonesia adalah bagian penting dari dunia digital yang aman dan teratur. Cybersecurity membuat kita aman dari hacker, penjahat cyber, dan banyak penipu lainnya. Tapi seberapa baik pengetahuan keamanan siber Anda?

Kami akan membantu meningkatkan kesadaran keamanan siber Anda dengan artikel ini. Kami akan membahas topik kritis seperti mengapa keamanan siber dibutuhkan, jenis ancaman apa yang ada di luar sana, langkah-langkah keamanan terbaik, dan apa yang dapat Anda lakukan secara pribadi agar lebih aman saat menggunakan internet. Pengetahuan adalah kekuatan, jadi bersiaplah untuk diberdayakan!

cyber security indonesia

Mengapa Keamanan Siber Sangat Penting?

Kejahatan dunia maya telah merugikan dunia dengan jumlah nominal $ 2 triliun pada tahun 2019 kemarin, menurut penelitian terbaru. Penelitian tersebut juga memperkirakan pada tahun 2017 ancaman kejahatan dunia maya ini akan mencapai $ 6 triliun pada tahun 2021, mendorong pengeluaran global sekitar $ 10 miliar untuk tindakan keamanan dunia maya pada tahun 2027 untuk melindungi dari kerugian besar ini.

Tapi bukan hanya perusahaan dan organisasi besar yang terkena dampak. Rata-rata, konsumen individu dalam keseharian mereka juga mengalami ancaman phishing, serangan ransomware, pencurian identitas, pembobolan data, dan kerugian finansial. Misalnya, hanya perlu lima menit untuk meretas perangkat yang terhubung ke internet, yang mencakup ponsel cerdas, jam tangan pintar, komputer mobil on-board, Smart TV, dan sistem kendali rumah.  Artinya, semakin kita mengandalkan internet, semakin kita membutuhkan cyber security Indonesia yang baik dalam segala bentuknya. Tapi pertama-tama, mari kita lihat apa yang kita hadapi.

Berbagai Bentuk Ancaman Keamanan Siber

Ketika datang untuk menyusup ke sistem Anda, peretas atau yang biasa disebut dengan hacker memiliki banyak macam alat trik yang mereka miliki. Contohnya:

Serangan Denial-of-Service (DoS) 

Peretas membanjiri jaringan dengan permintaan untuk menghabiskan bandwidth. Dalam banyak kasus, serangan DoS dimaksudkan sebagai gangguan yang lebih dari apapun.

Serangan Man-in-the-Middle (MitM) 

Serangan ini terjadi ketika peretas memasukkan dirinya ke dalam komunikasi dua pihak. Setelah masuk, mereka dapat mencuri data.

Serangan Phishing 

Phishing menggunakan email dan pesan teks palsu untuk membuat orang memberi peretas akses kepada informasi pribadi. Ini adalah salah satu serangan yang paling sering terjadi, terutama terhadap masyarakat umum.

Malware

Metode serangan ini dipecah menjadi spyware, ransomware, worm, dan virus. Email atau unduhan biasanya mengirimkan serangan ini dari situs yang mencurigakan.

Serangan Injeksi SQL

Peretas memasukkan kode berbahaya ke server yang menggunakan SQL, biasanya melalui kotak pencarian situs web yang rentan. Setelah berhasil dilakukan, serangan tersebut memungkinkan peretas melihat informasi yang ada di dalamnya jika tidak segera ditangkal.

Serangan Kata Sandi

Peretas akan berusaha mencoba memecahkan kata sandi, biasanya adalah kata sandi yang dipilih dengan buruk dan peretas tersebut tentunya yang mendapatkan entri jaringan.

Cyber Security Indonesia adalah salah satu bidang penting ketika kita menghadapi dunia digital saat ini. Dan IDS Digital Collage adalah tempat yang paling tepat ketika Anda ingin menempuh pendidikan S-1. Karena begitu Anda menyelesaikan pendidikan di IDS Digital Collage, Anda akan siap untuk berkarir dengan di bidang Cyber Security.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar