Beberapa Makanan Pelancar Pencernaan

penyakit pencernaan anak

Sembelit adalah keadaan dimana pencernaan tidak bisa mencerna makanan dengan sempurna sehingga usus besarpun akan mengalami masalah. Susah buang air besar ini menjadi salah satu penyakit pencernaan anak yang sudah tidak asing lagi mengingat pencernaannya yang masih belum sempurna, namun meski sudah biasa sebagai orang tua tetap saja akan merasa khawatir. 

Selain akan merasa tidak nyaman, sembelit yang terus menerus pun akan mengganggu tumbuh kembang anak. wajib moms tahu bahwa salah satu penyebab terjadinya sembelit adalah karena asupan makanan yang tidak seimbang, moms bisa memberikan makanan yang bervariasi yang mengandung serat yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran.

Yuk, moms cek makanan apa saja yang dapat membantu mempelancar pencernaan si kecil yaitu sebagai berikut ini.

penyakit pencernaan anak

Sayuran berwarna hijau

Ada banyak sayuraan hijau yang bisa diolah untuk teman makan sikecil seperti bayam, brokoli, buncis, dan lain sebagainya . ada banyak vitamin yang terkandung pada sayura hijau sehingga tidak hanya memperlancar pencernaan tetapi juga mengatasi berbagai masalah seperti sakit tenggorokan dan meredakan rasa mual.

Pepaya

Makanan selanjutnya yang bisa mengatasi masalah sembelit pada si kecil yaiatu pepaya, buah yang bertekstur lembut ini terdapat enzim didalam kandungannya yangberfungsi untuk melumatkan makanan, selain itu pepaya juga mampu menyerap nutrisi dalam tubuh. 

Pisang

Selanjutnya buah untuk mengatasi pencernaan si kecil yaitu buah pisang, harganya yang murah tidak menjadikan manfaatnya murahan. Pisang mengandung beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, selain bisa mengobati sakit maag pisang juga dapat memperlancar buang air besar serta dapar mengaatasi diare.

Puree ubi

Biasanya puree ubi menjadi menu makanan untuk bayi, namun tidak ada salahnya jika sesekali diberikan pada anak-anak sebagai pengganti cemilan dikala anak sedang mengalami sembelit.

Kadungan pada makanan tersebut memberikan manfaar selain untuk mengatasi penyakit pencernaan anak juga mengandung nutrisi yang baik, ibu bisa melengkapi tambahan nutrisi dengan susu lactogrow yang akan membantu melancarkan pencernaan si kecil. 

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar