6 Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak Sendiri Di Rumah

cara mengatasi sakit perut pada anak

Sakit perut merupakan hal yang cukup sering dialami oleh anak-anak. Kondisi yang seperti ini dapat mempengaruhi jam tidur, nafsu makan serta suasana hari mereka. Jika Anda mendapati buah hati sakit perut usahakan untuk tidak terlalu panic namun atasi dengan cepat dan tepat. Para ibu harus mengetahui cara mengatasi sakit perut pada anak sehingga tidak perlu terburu-buru pergi ke dokter. Namun, jika sudah diobati dan rasa sakit tidak kunjung redah sebaiknya bawa si kecil ke dokter agar segera diobati.

6 Bahan Rumahan Untuk Mengobati Sakit Perut

Jika tiba-tiba si kecil mengalami sakit perut Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah untuk mengobatinya. Berikut merupakan beberapa bahan yang dapat Anda berikan kepada si kecil.

Air Hangat

Cara meredahkan sakit perut juga dapat menggunakan air hangat. Kompres perut si kecil menggunakan air hangat yang terlebih dahulu dimasukkan ke dalam botol. Lapisi perut si kecil dengan handuk lalu letakkan botol yang berisi air hangat tersebut. 

cara mengatasi sakit perut pada anak

Kompres menggunakan air hangat akan membuat perut menjadi lebih rileks. Selain itu, panas yang dihasilkan oleh air hangat juga dapat melancarkan peredaran darah pada area perut yang sakit. Secara berangsur-angsur rasa sakit pun akan berkurang.

Air Lemon Hangat

Sakit perut yang dialami si kecil bisa disebabkan oleh jenis makanan tertentu. Makanan tersebut tidak dapat dicerna dengan baik sehingga menyebabkan rasa sakit. Anda dapat memberikan air hangat yang ditambahkan sedikit perasan lemon. Kandungan lemon dapat membantu proses pencernaan sehingga makanan akan lebih mudah dicerna. 

Jika si kecil kurang begitu menyukai rasa asam maka Anda dapat menambahkan sedikit madu. Agar tidak menimbulkan efek lainnya, jangan menggunakan air lemon terlalu banyak. Cukup tambahkan 1 sendok teh air lemon ke dalam 1 gelas air hangat.

Air Tajin

Pengobatan rumahan yang dapat Anda gunakan untuk meredakan sakit perut pada si kecil yaitu air tajin. Air tajin itu sendiri merupakan air rebusan beras dengan tekstur kental dan berwarna agak putih. Untuk membuat air tajin, Anda dapat merebus satu genggam beras dengan 500 ml air. Rebus hingga mendidih dan ambil air tajin jika tekstur sudah mengental. Berikan air tajin ketika masih hangat agar lebih nikmat. Air tajin tersebut mengandung anti peradangan yang dapat melindungi lapisan perut.

Peppermint

Peppermint memiliki aroma yang khas dan biasanya digunakan untuk menyegarkan nafas. Peppermint juga bersifat analgesic karena memiliki kandungan mentol yang dapat digunakan untuk meredakan mual dan sakit perut. Selain itu, kandungan peppermint juga dapat menenangkan otot yang dapat meredakan rasa sakit perut.

Mengobati sakit perut dengan peppermint sangat mudah karena dapat langsung dengan mengunyahnya. Anda juga dapat menyeduh daun peppermint bersama dengan teh. Jika rasa sakit juga tidak juga meredah sebaiknya periksakan ke dokter agar ditangani dengan baik.

Yogurt

Yogurt merupakan salah satu bahan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, yogurt juga berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Anda dapat memberikan makanan ini pada si kecil yang sedang sakit perut. Sebaiknya, jangan menambahkan gula pada saat memberikan yogurt. Rajin mengkonsumsi yogurt akan membantu perkembangan bakteri baik dalam usus sehingga dapat mengurangi resiko sakit perut.

Kondisi pencernaan yang tidak sehat merupakan sumber utama penyebab sakit perut. Selain rajin mengkonsumsi produk fermentasi, Anda juga harus memberikan makan yang bergizi pada si kecil.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar