Doa Sebelum Belajar Yang Dapat Diamalkan Dan Keutamaan Menuntut Ilmu



Allah Subhanahu wa Ta’ala sangat mengajurkan umatnya untuk membaca doa sebelum mulai belajar supaya diberi kemudahan dalam memperoleh pemahaman tentang sebuah ilmu. Selain itu, mengawali belajar dengan membaca doa juga diharapkan ilmu yang dipelajari nantinya akan menghasilkan banyak berkah dan pahala.

Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Surah Al – Mukmin ayat 60 berfirman : “Wa qãla rabbukumud’unī astajib lakum, innallazīna yastakbiruna ‘an ‘ibãdatī sayadkhuluna jahannama dãkhirīn.”

Artinya, Dan Tuhanmu berfirman : “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang – orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.”

Berikut ulasan doa sebelum belajar yang dapat diamalkan dan keutamaan menuntut ilmu :

1.       Doa Pertama

“Allâhummarzuqnâ fahman nabiyyîna wa hifdhal mursalîna wa ilhâmal malâikatil muqarrabîn birahmatika yâ arhamar râhimîna.”

Artinya, “Ya Allah, anugerahilah kami pemahaman para nabi, hafalan para rasul, dan ilhamnya para malaikat yang dekat dengan-Mu, sebab kasih sayang-Mu, wahai Dzat yang Maha Pengasih.”

 

Lafaz diatas disambung dengan doa ini :

“Allâhumma aghninî bil ‘ilmi, wazayyinnî bil hilmi wa akrimnî bit taqwâ, wa jammilnî bil ‘âfiyah, birahmatika yâ arhamar râhimîn.”

Artinya : “Ya Allah, limpahi aku dengan ilmu, hiasi diriku dengan kesantunan, muliakan aku dengan taqwa, dan perindah diriku dengan kesehatan, sebab kasih sayang-Mu, wahai Dzat yang Maha Pengasih.”

2.       Keutamaan Menuntut Ilmu

Belajar atau menuntut ilmu memiliki banyak keutamaan. Allah Subhanahu wa Ta’ala berjanji akan menaikkan derajat orang – orang yang menuntut ilmu. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam surah Al – Mujadilah ayat 11, yang berbunyi :

“Yā ayyuhallazīna ãmanū izā qīla lakum tafassahu fil-majālisi fafsahu yafsahillāhu lakum, wa izā qīlansyuzu fansyuzu yarfa ‘illāhullazīna āmanu mingkum wallazīna utul-ilma darajāt, wallāhu bimā ta’maluna khabīr.”

Artinya : Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu : “Berlapang – lapanglah dalam majelis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan : “Berdirilah Kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang – orang yang beriman diantaramu dan orang – orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Seperti diriwayatkan dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Jika anak Adam meninggal maka terputuslah amalnya kecuali dari tiga perkara : shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya.” (HR. Muslim). 

Melihat keutamaan belajar atau menuntut ilmu tersebut kiranya sangat disayangkan jika tidak membaca doa sebelum belajar terlebih dahulu. Seperti diketahui bahwa aktivitas belajar tersebut bukan perkara yang mudah. Diperlukan biaya, waktu, serta kemauan yang tidak dimiliki semua orang. Ada juga penghalang – penghalang lainnya yang bisa membuat kita jauh dari keinginan untuk menuntut ilmu.

Dengan berdoa sebelum belajar, maka akan ada banyak sekali hikmah yang akan diterima seperti :

·         Ilmu Menjadi Berkah

Dengan berdoa sebelum belajar, maka ilmu yang dipelajari akan menjadi lebih berkah. Sebab, kita telah melibatkan Allah SWT dalam proses mencari ilmu tersebut. Sehingga Allah SWT akan meridhoi dan memberikan banyak berkah serta pahala kepada mereka yang memulai belajar dengan membaca doa terlebih dahulu.

·         Dimudahkan Dalam Belajar

Tidak bisa dipungkiri jika dalam belajar dan menuntut ilmu, terdapat banyak rintangan yang menghampiri. Namun dengan membaca doa sebelum belajar, maka Allah SWT akan memudahkan kita dalam menerima ilmu yang dipelajari.

·         Mendapat Pahala

Orang yang berdoa akan mendapatkan imbalan, baik berupa pahala atas apa yang telah dikerjakannya maupun imbalan berupa dikabulkannya segala doa.

 

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar