Kuliah Film dan Buka Kesempatan Berkarir di Industri Kreatif

Siapa yang saat ini tidak menyukai film? Mulai dari film di layar lebar, layanan streaming film, hingga film dokumenter dan juga film singkat yang ditayangkan di YouTube tentu sangatlah menarik. Namun tak hanya sekedar menonton saja, mungkin kamu tertarik untuk bergelut di dunia perfilman. Berikut alasan mengapa kuliah film bisa menjadi opsi karir yang menarik.

Peluang di Industri Perfilman di Indonesia Masih Sangat Luas

Alasan pertama mengapa kuliah di bidang perfilman bisa menjadi opsi menarik dan cemerlang di masa depan adalah karena peluang untuk pekerjaan di industri perfilman di Indonesia bisa dikatakan masih sangat terbuka lebar. Apalagi saat ini film tidak hanya sebatas untuk layar lebar atau TV saja, melainkan juga berbagai media yang bisa menghasilkan.

Salah satunya media yang bisa diandalkan adalah YouTube atau juga membuat film pendek untuk tujuan iklan di media sosial yang juga mulai banyak digemari. Dengan demikian skill yang kamu dapatkan selama kuliah tidak akan sia-sia karena peluang yang masih sangat terbuka lebar. Kamu bisa berkarir sendiri atau juga bekerja pada rumah produksi.

Kuliah Yang Menyenangkan

Kuliah film adalah kuliah yang menyenangkan. Pasalnya, selama perkuliahan kamu tidak dihadapkan dengan banyak teori saja namun kamu akan terjun langsung ke lapangan dan mempraktekkan langsung apa yang dibutuhkan dalam pekerjaan atau tugasmu kelak di industri perfilman. Salah satu contohnya adalah yang ditawarkan oleh IDS berikut ini.

Ada beberapa karir yang bisa kamu kembangkan dengan kuliah di jurusan perfilman di IDS atau International Design School. Berikut beberapa karir tersebut:

  • Cinematographer
  • Camera Operator
  • Director
  • Production Manager
  • Producer
  • Technical Director
  • Camera Assistant
  • Scriptwriter

Sangat beragam bukan? Selama perkuliahan di IDS, karir tersebut dikembangkan langsung secara real. Dari awal perkuliahan, kamu akan dikenalkan untuk menggunakan peralatan yang dibutuhkan dalam praktik perfilman hingga akhir perkuliahan nanti. Tidak heran jika IDS menawarkan 70% praktek di lapangan dan 30% teori.

Lalu Apa Saja Keuntungan Kuliah di IDS

Sebagai kampus yang menawarkan kuliah jurusan perfilman terbaik, IDS menawarkan berbagai keuntungan lain selain dua keuntungan diatas yang bisa kamu dapatkan ketika memilih jurusan perfilman untuk membangun karirmu di masa depan. Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Silabus Perkuliahan Yang Didesain Khusus

Silabus perkuliahan atau apa saja yang akan kamu pelajari selama perkuliahan di IDS sudah disusun dengan banyak pertimbangan profesional oleh pengajar di IDS. Kamu akan mempelajari mulai dari fundamental dalam desain, directing, cinematography, photography, sound production, hingga belajar untuk menjadi aktor.

2. Pengembangan Diri

Tak hanya itu saja, tidak hanya terkait dengan teknis perfilman saja, kamu juga akan dikembangkan untuk menguasai komunikasi dan presentasi bisnis, mengembangkan bisnis kreatif dan juga entrepreneurship, serta program internship yang akan semakin mengasah skill profesionalmu sebelum kemudian dapat berkarir.

3. Kuliah di IDS akan dikenalkan dengan perangkat lunak dan juga perangkat keras terbaik yang akan digunakan dalam industri perfilman. Kamu akan dipinjamkan serta belajar untuk menguasai baik software maupun hardware-nya sehingga ketika kamu berkarir nanti kamu sudah terbiasa dan terlatih untuk menggunakan perlengkapan dan kebutuhan yang ada di industri perfilman.

Bagaimana? Tertarik untuk kuliah film terutama kuliah film di IDS? Jika kamu tertarik untuk berkarir di industri perfilman yang mana akan sangat bersinar di era digital seperti sekarang ini, kamu bisa mengunjungi situs resminya untuk mendapatkan informasi penting lainnya atau bahkan langsung mencari jalur pendaftarannya.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar