Mengetahui tumbuh kembang Anak Usia 1 Tahun

Setiap anak memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda, dan itu sangat wajar mengingat dari gen masing-masing. selain faktor gen stimulasi dan nutrisinya yang diberikan oleh mam akan mempengaruhi pada tumbuh kembang anak, sehingga setiap anak akan memiliki kemampuan yang lebih bervariasi. 

Anak usia satu tahun tentunya sudah sangat jelas terlihat pertumbuhan fisiknya yang semakin meningkat serta kemampuan yang lebih berkembang, anak usia satu tahun sudah lebih banyak berinteraksi pada mam dan anggota keluarga lainnya. dalam hal ini mam tentu harus lebih mengetahu fase perkembangan anak sudah sejauh mana anak kemampuan anak pakah sudah sesuai dengan usianya ataukah belum.

Pertumbuhan dan perkembangan anak terbilang unik, anak usia 1-6 tahun akan memiliki perkembangan otak yang lebih pesat namun usia selanjutnya akan lebih lambat dari sebelumnya. Maka dari itu tidak heran jika anak usia 1-6 tahun lebih cepat tanggap dalam sesuatu hal serta memiliki rasa keingintahuan yang lebih kuat.  Sebagai orang tua, mam harus bisa mengukur sejauh mana kemampuan anak usia 1 tahun apakah sudah sesuai dengan tumbuh kembangnya atau belum?, berikut fase perkembangan anak usia 1 tahun:

Berat badan bayi

Umumnya anak  1 tahun memiliki berat badan 3 kali lipat dari berat badan pada waktu lahir, misalnya jika sewaktu lahir memiliki berat badan 3 kilo maka anak 1 tahun akan memiliki berat badan 9 kilo, bahkan lebih tergantung pada pertumbuhan anak tersebut. 

Kemampuan secara motorik

Yang dimaksud dengan kemampuan motorik pada anak yaitu kemampuan menggerakan anggota tubuhnya, pada anak usia 1 tahun setidaknya anak sudah bisa berdiri sendiri, bahkan ada yang sudah bisa berjalan, memasukan makanan pada mulutnya dengan jarinya sendiri dan lain sebagainya.

Kemampuan secara sosial

Anak usia 1 tahun sedikitnya sudah mampu mengenal teruatama dengan keluarga di rumah, dan jangan heran jika merasa malu atau tidak mau jika digendong dengan orang yang tidak dikenalinya.

Itulah beberapa pertumbuhan dan perkembangan anak usia 1 tahun, untuk mendukungnya mam bisa memberikan susu pertumbuhan dari Wyeth Nutrition khusus untuk 1 tahun keatas. 


Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar