5 Kelebihan Pinjaman Dana Syariah

Ketika membutuhkan dana besar secara mendadak, hal paling mudah adalah meminjam ke bank. Mengajukan pinjaman ke bank lebih cepat mendapatkan dana dibandingkan mencari sumber pinjaman lain. Bagi para muslim, bank menawarkan produk menarik yaitu pinjaman dana syariah. Sesuai namanya, pinjaman ini tidak menggunakan bunga sehingga bebas riba. Selain itu, ada beberapa kelebihan lainnya yang perlu Anda ketahui yaitu:

Halal atau Tanpa Riba

Pinjaman dana konvensional dianggap riba karena ada bunga yang dibebankan kepada nasabah. Namun hal tersebut tidak diberlakukan pada pinjaman berbasis syariah. Oleh sebab itu, jenis pinjaman ini halal atau tanpa riba. Keuntungan yang didapatkan oleh pihak bank berdasarkan jenis akad yang digunakan.

Angsuran Flat

Angsuran flat adalah jenis angsuran yang selalu sama mulai dari awal pinjaman hingga akhir masa tenor. Beberapa jenis produk pinjaman menerapkan angsuran yang disesuaikan dengan suku bunga Bank Indonesia. Jadi angsuran bisa lebih tinggi atau lebih rendah dari angsuran awal. Angsuran flat pada pinjaman syariah tidak menggunakan bunga sehingga aman.

Tanpa Biaya Admin

Pada umumnya, pinjaman dana syariah tidak menerapkan biaya administrasi. Jadi besar pinjaman yang harus Anda kembalikan jauh lebih terjangkau. Pasalnya tidak sedikit nasabah yang merasa biaya admin cukup memberatkan.

Menguntungkan Nasabah

Penggunaan prinsip syariah nyatanya lebih menguntungkan dibandingkan dengan prinsip konvensional. Tidak adanya biaya admin maupun bunga adalah beberapa keuntungannya. Meskipun begitu, pihak bank tetap mendapatkan bagian keuntungan sesuai kesepakatan bersama. Jadi tidak akan ada yang lebih diuntungkan atau dirugikan dari kedua belah pihak.

Pinjaman Lebih Ringan

Di awal pengajuan akan dilakukan akad antara kedua belah pihak. Ada beberapa jenis akad yang biasanya digunakan yaitu mudharabah, musyarakah mutanaqishah, murabahah, dan lain-lain. Karena ada akad, tidak ada bunga sebagai keuntungan bank. Gantinya adalah keuntungan sesuai dengan akad yang digunakan. Tidak adanya bunga ataupun biaya administrasi membuat pinjaman lebih ringan.

Itulah beberapa kelebihan pinjaman dana syariah yang perlu Anda ketahui. Sebagai muslim, Anda perlu menaati aturan dalam Islam. Adanya pinjaman dana berbasis syariah sangat membantu para muslim yang membutuhkan dana mendadak. Bank Danamon juga menawarkan pinjaman berbasis syariah. Informasi lebih lengkapnya ada di website resmi Bank Danamon yaitu danamon.co.id.



Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar