Hal Mendasar Yang Wajib Anda Tahu Dari Ban Aspira Premio

 

Ban Aspira Premio.jpg

Buat Anda penggemar otomotif, pemilihan ban menjadi hal paling penting karena ini menyangkut keselamatan pengendara di jalan. selain itu, pemilihan ban ini juga dipengaruhi oleh jenis kendaraan dan juga keseluruhan beban yang bisa diangkut oleh kendaraan tersebut. Aspira Premio merupakan salah satu suplier ban terbaik di Indonesia dengan berbagai rentang harga dan kualitas yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Buat Anda yang masih pemula, ada baiknya memahami hal mendasar berikut ini. 

Apa Perbedaan Ban Motor Tubeless dan Non Tubeless?

Dalam dunia otomotif, pada dasarnya ada dua macam jenis yaitu ban tubeless dan biasa (tube). Meskipun keduanya paling banyak digunakan, tapi karakteristiknya sangat berbeda. 

Bentuk Ban 

Untuk ban biasa, atau ban tube, bentuknya persegi. Sementara untuk tubeless memiliki bentuk lebih bulat. Hal ini digunakan sesuai dengan kebutuhan pengendara. 

Material Ban

Meskipun berbeda jenis, material kedua ban ini sama yaitu terbuat dari karet sintesis. Namun yang paling membedakan antara dua ban ini adalah di lapisan bagian dalam. Untuk lapisan dalam pada ban tubeless, terdapat fluid sealant. Nah, untuk ban biasa, lapisan ini diganti dengan ban dalam. 

Karakter Ban

Sementara untuk karakter dan juga harga, kedua ban memiliki perbedaan yang mencolok. Buat Anda yang menginginkan ban yang lebih kokoh dan kuat, ban tubelss jauh lebih cocok. Nah, bila Anda ingin performa ban motor Anda bisa menahan getaran di jalan, ban biasa bisa dipilih. Sementara itu, ban biasa juga lebih unggul dalam hal harga. 

Ketahanan Ban 

Selain hal di atas, hal penting yang wajib diperhatikan adalah ketahanannya. Untuk ban tubeless, ban ini memiliki ketahanan sampai dengan 1,5 tahun selama ban ini tidak pernah mengalami kebocoran. Ketahanan ban tubeless ini sebenarnya diperoleh dari komponen dalam bernama fluid sealant tadi. Sementara untuk ban biasa, ban ini memiliki ketahanan yang lebih pendek dan Anda pastinya lebih sering mengganti ban kalau pakai jenis ini. 

Bagaimana Cara Mengecek Kondisi Ban Aspira Premio Anda?

Sebelum berpergian jauh, atau ketika Anda sedang melakukan inspeksi mandiri, sangat penting mengecek kondisi ban Aspira Premio milik Anda. Berikut adalah tiga langkah utama yang harus Anda lakukan:

Periksa Tekanan Angin 

Sebagian pengendara suka kalau tekanan angin dikurangi, namun sebaiknya hal ini dihindari karena bisa mengakibatkan benjol di bagian ban karena beban yang harus ditahan. Sebaliknya, kelebihan angin juga tidak baik karena mengganggu keseimbangan pengendara. 

Periksa Arah Pemasangan 

Hal ini sering terjadi. Arah pemasangan jangan sampai terbalik karena bisa mengganggu performa Anda. Syukurnya banyak penyedia ban yang membuat desain berbeda untuk ban depan dan belakang, seperti Aspira Premio ini. Sekarang Aspira Premio pun juga menerapkan desain tapak depan dan belakang yang berbeda karena fungsinya yang memang berbeda. Untuk ban depan, ulirnya akan mengarah ke belakang, sedangkan ban belakang ulirnya mengarah ke depan. 

Fungsi ban depan ini adalah untuk memecah air, sedangkan bagian belakang adalah untuk traction. 

Periksa Kedalaman Kembangan 

Setiap ban akan memiliki Thread Wear Indicator (TWI) yang berupa segitiga pada dinding ban. Nah, di bagian segitiga ini ada karet. Apa bila ban sudah menyentuh tonjolan karet ini, maka sebaiknya segera diganti karena daya cakram ban sudah berkurang jauh. 

Nah, itulah serba-serbi singkat tentang Aspira Premio. Dengan memahami bagian dasar ban ini, Anda bisa lebih tahu dan hati-hati dalam menggunakan kendaraan Anda.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar