Cara Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Bayi



Masa tumbuh kembang atau golden age di usia 0 hingga 5 tahun hanya akan terjadi seumur hidup. Di masa golden age tumbuh kembang bayi mengalami perkembangan dan juga pertumbuhan yang sangat signifikan.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa kebutuhan nutrisi anak di masa tumbuh kembang tersebut dua kali besar dibandingkan dengan kebutuhan nutrisi orang dewasa. Untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya, berikut sudah kami rangkum cara-caranya.


1.  Memperhatikan Jenis Makanan

Makanan merupakan salah satu aspek penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Makanan-makanan yang kami maksud mulai dari daging merah tanpa lemak, sayuran, ikan, dan masih banyak lainnya. Makanan bernutrisi merupakan bagian terpenting yang harus Anda pertimbangkan untuk tumbuh kembang anak.


2.  Memperhatikan Cara Pengolahan

Selain pemilihan jenis makanan, perhatikan juga cara mengolahnya. Pastikan Anda mengolah makanan untuk si kecil secara baik dan benar. Pengolahan makanan yang tepat untuk anak di masa tumbuh kembang adalah dengan cara direbus maupun dikukus. Karena dua cara tersebut yang paling tepat.


3.  Perhatikan Tekstur Makanannya

Di usia-usia tertentu, si kecil masih belum bisa mengonsumsi makanan yang terlalu padat maupun keras. Contohnya di usia 6 bulan di mana si kecil sudah bisa mendapatkan asupan MPASI pertama. Namun teksturnya harus lembut dan halus karena sistem pencernaan anak di usia tersebut masih belum sempurna.





4.  Lakukan Stimulasi

Selain makanan yang bergizi, stimulasi juga penting di masa tumbuh kembang anak. Stimulasi bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan juga usia si kecil. Stimulasi dan asupan makanan bergizi adalah dua faktor penting untuk membantu si kecil mengoptimalkan tumbuh kembangnya.


5.  Mengoptimalkannya dengan Susu

Perlu Anda ketahui, susu juga sangat penting di dalam tumbuh kembang anak. Anda juga bisa memasukkan susu ke dalam MPASI si kecil yang biasa Anda buat sendiri. Susu adalah minuman yang kaya akan nutrisi.

Demikian tips mengoptimalkan tumbuh kembang bayi. Untuk mengoptimalkannya, kini Anda bisa memberi mereka produk bubur bayi dari Cerelac yang terbuat dari bahan alami yang sudah dikeringkan. Selain itu, Cerelac juga dibuat dengan menggunakan susu yang kaya akan manfaat.

 


Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar