Tips Mengoptimalkan Pemberian Input ASI

ASI atau Air Susu Ibu merupakan sumber makanan utama bagi bayi yang baru lahir. Si Kecil wajib mendapatkan ASI secara eksklusif hingga mereka berusia 6 bulan. Setelah itu, Anda bisa meneruskan pemberian ASI hingga Si Kecil berusia 2 tahun. Pemberian ASI hingga 2 tahun direkomendasikan karena pemberian ASI yang optimal bisa membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan tumbuh kembang. Berikut ini pembahasan mengenai manfaat input ASI beserta tips mengoptimalkan pemberiannya:

Manfaat ASI

Perkembangan otak

Salah satu manfaat ASI yaitu membantu perkembangan otak anak berjalan dengan maksimal. ASI yang diberikan secara rutin bisa meningkatkan kemampuan mengingat atau memori anak. Apabila dioptimalkan dengan nutrisi dari makanan makan perkembangan otak anak akan berjalan sesuai harapan.

Berat badan ideal

Anak-anak atau bayi bisa mengalami dua masalah berat badan yaitu kurang dari ideal atau di atas ideal. ASI merupakan minuman sehat yang bisa membantu menjaga berat badan anak agar selalu ideal. Pemberian ASI bisa membuat tubuh Si Kecil tidak terlalu kurus ataupun terlalu gemuk. Pasalnya kandungan di dalamnya bisa mengoptimalkan pertumbuhan anak.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh bayi masih belum sempurna sehingga mudah terserang penyakit. ASI adalah minuman sehat yang memiliki banyak kandungan vitamin penting yang berperan dalam melawan penyakit. Anak yang mendapatkan ASI secara eksklusif hingga usia 6 bulan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.

Mengandung kolostrum

Kolostrum merupakan kandungan nutrisi yang hanya terkandung dalam ASI saja. Bahkan kandungan ini hanya ada pada ASI pertama ibu. Karena hal inilah memberikan ASI secara eksklusif sangat penting bagi anak. Kolostrum merupakan nutrisi yang mengandung vitamin, sel darah putih, antioksidan, mineral, serta imunoglobin atau anti bodi.

Tips Memberikan ASI

Meningkatkan kualitas ASI dengan makanan bergizi

Hal paling penting yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan kualitas input ASI yang akan diberikan pada Si Kecil. Apabila ASI yang diberikan berkualitas maka Si Kecil akan mendapatkan lebih banyak manfaat lagi. Cara meningkatkan kualitas ASI yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Makanan bergizi yang Anda konsumsi bisa membuat produksi ASI lebih bagus dan berkualitas.

Beri makanan pendukung ASI

Makanan pendukung ASI atau MPASI diberikan kepada Si Kecil setelah mereka siap mendapatkannya. Pada umumnya anak bisa mendapatkan MPASI ketika memasuki usia 6 bulan. Jika sudah berusia 6 bulan ke atas, berikan makanan pendukung yang bergizi lengkap dan seimbang sesuai kebutuhan Si Kecil.

Siapkan stok ASI

Menyiapkan stok ASI merupakan tips untuk Anda yang memiliki kesibukan tinggi. Dengan menyiapkan stok yang cukup, Anda bisa memenuhi kebutuhan ASI harian Si Kecil meskipun dalam kondisi aktivitas yang padat.

Pompa ASI jika dibutuhkan

Tips terakhir yang bisa dilakukan agar pemberian ASI optimal yaitu melakukan pompa ASI. Hal ini bisa dilakukan bagi Anda yang tidak bisa menyusui secara langsung. Saat ini ada banyak jenis pompa ASI yang bisa dipilih sesuai selera dan kenyamanan.

Itulah informasi mengenai manfaat serta tips optimalkan pemberian input ASI pada Si Kecil. Jika Anda adalah profesional di bidang nutrisi anak dan pediatri, Nutricia Professional adalah tempat yang tepat untuk menambah ilmu dan pengetahuan. Melalui platform online tersebut, Anda bisa bergabung dengan profesional lain dan berbagi ilmu. Sebelum itu, daftarkan diri Anda terlebih dahulu melalui website resmi Nutricia Professional di alamat www.nutriciaprofessional.id. 

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar