8 Prospek Kerja Teknik Informatika yang Paling Dibutuhkan



Perkembangan dunia teknologi dan digital membuat jurusan-jurusan ilmu komputer semakin diminati. Salah satu jurusan yang paling diminati saat ini adalah jurusan Teknik Informatika. Jurusan ini bahkan bisa bersaing dengan jurusan populer seperti kedokteran dan lain sebagainya. Alasan paling umum mengapa banyak orang memilih jurusan Teknik Informatika yaitu lantaran prospek kerja Teknik Informatika sangat menjanjikan.

Ada banyak sekali prospek kerja yang bisa dimasuki oleh lulusan Sarjana Teknik Informatika. Bahkan ada beberapa pilihan karir yang paling dibutuhkan saat ini seperti:



Programmer

Hampir semua calon mahasiswa jurusan Teknik Informatika sudah tahu jika lulusannya bisa menjadi seorang programmer. Karena lingkup kerja yang cukup luas, programmer dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Bukan hanya perusahaan IT saja, namun juga perusahaan lainnya. Jika suka dengan coding dan pemrograman, Anda bisa menjadi seorang programmer ketika lulus nanti.

Software Engineer

Software engineer bertugas untuk mengaplikasikan berbagai prinsip software engineering misalnya ilmu komputer, analisis matematika, pengembangan, pengujian, dan lain sebagainya. Tugasnya memang mirip dengan programmer, namun software engineer harus melakukan pengembangan. Anda juga harus bisa coding jika ingin menjadi software engineer.

Web Developer

Membuat website merupakan pekerjaan utama seorang web developer. Memang tampak sederhana, namun cukup rumit ketika dijalankan. Pasalnya mereka harus memastikan jika website yang dibuat berfungsi dengan baik sesuai permintaan perusahaan atau klien. Selain pemrograman, web developer juga harus bisa mendesain website yang efisien dan fleksibel.

Konsultan IT

Konsultan IT merupakan prospek kerja Teknik Informatika selanjutnya yang banyak dicari perusahaan. Namun biasanya profesi ini tidak bisa langsung dimasuki oleh lulusan TI. Dibutuhkan pengalaman agar bisa memberikan saran yang tepat terhadap sistem perusahaan. Anda bisa bekerja di bawah perusahaan atau secara individu dengan mencari klien sendiri.

Growth Hacker

Growth hacker mungkin masih menjadi istilah baru di telinga Anda. Meskipun baru, namun banyak sekali perusahaan yang membutuhkan growth hacker ini. Mereka yang bekerja sebagai growth hacker memiliki kemampuan SEO, analisis situs, pemasaran konten, dan lain sebagainya. Tugasnya yaitu membantu perusahaan melakukan pemasaran digital dengan budget seminim mungkin. Growth hacker sangat dibutuhkan karena pemasaran digital menjadi hal penting saat ini.

Administrator Database

Database atau basis data dalam jumlah yang sangat besar harus diolah dan dirawat dengan baik. Jika tidak maka, basis data tersebut tidak bisa diakses dengan efektif. Administrator database bertugas untuk menjaga, merawat, serta mengembangkan database sehingga mudah diakses oleh yang berhak. Selain itu, mereka juga harus mampu menjaga data agar tidak mudah dicuri.

Mobile Application Developer

Sebagian besar pengguna internet saat ini adalah pengguna mobile. Oleh sebab itu, mobile application developer sangat dibutuhkan saat ini. Mereka bertugas untuk membuat aplikasi berbasis Android maupun iOS. Aplikasi tersebut memiliki fungsi yang bermacam-macam sesuai kebutuhan klien. Selain membuat aplikasi, mereka juga harus mengembangkannya.

Network Administrator

Prospek kerja yang sangat dibutuhkan terakhir adalah network administrator. Sesuai namanya, tugas mereka yaitu menjaga keamanan sistem perusahaan. Mengingat kejahatan digital atau siber semakin tinggi, network administrator juga semakin dibutuhkan.

Itulah 8 prospek kerja Teknik Informatika yang paling dibutuhkan saat ini. Apabila berminat menjadi ahli IT, Anda bisa menempuh pendidikan di STMIK Bidakara dari IDS Digital College. Kampus di Jakarta Selatan tersebut menawarkan jurusan Teknik Informatika untuk Anda yang berminat. Ada beberapa jalur masuk yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan. Informasi lainnya mengenai STMIK Bidakara dan IDS Digital College bisa dilihat di www.ids.ac.id

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar