7 Nutrisi Anak Yang Penting Untuk Tumbuh Kembang Dan Kesehatan

Tumbuh kembang optimal dengan kesehatan yang selalu terjaga pada buah hati pastinya menjadi keinginan setiap orang tua. Dari itu sebagai orang tua penting memberikan makanan terbaik yang bisa menjadi sumber nutrisi anak. Dengan terpenuhi kebutuhan nutrisi anak bisa memberikan manfaat untuk tumbuh kembang optimal pada tubuh dan otak anak.

Terdapat banyak nutrisi yang diperlukan dalam tumbuh kembang anak, terlebih dalam masa pertumbuhannya. Kebutuhan nutrisi harian anak bahkan dikatakan lebih besar dari pada orang dewasa. Ini karena proses tubuh anak yang dalam masa pertumbuhan sehingga banyak membutuhkan berbagai nutrisi anak. Lalu nutrisi apa saja yang dibutuhkan dalam perkembangan tubuh dan kesehatannya? Berikut ini kami berikan bahasannya untuk anda.

Kalsium. Nutrisi penting pertama yang diperlukan dalam proses tumbuh kembang anak yaitu kalsium. Kalsium sendiri bermanfaat dalam pertumbuhan tulang dan gigi anak menjadi lebih kuat, selain itu kalsium juga berfungsi dalam menjaga kesehatan otot dan saraf, membantu tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi, serta membantu dalam proses pembekuan darah. Untuk sumber kalsium sendiri bisa didapatkan dari susu, keju, dan juga ikan.

Zat besi. Nutrisi selanjutnya yang diperlukan dalam proses tumbuh kembang anak yaitu zat besi. Zat besi sendiri merupakan unsur yang berperan dalam produksi hemoglobin (pigmen merah pembawa oksigen dalam darah) serta mioglobin yang merupakan pigmen penyimpan oksigen dalam otot. Dalam dunia anak mereka yang kekurangan zat besi bisa mengalami anemia sehingga membuatnya merasa mudah lelah dan lemas. Dari dapatkan zat besi dari sumber makanan beragam seperti kuning telur, daging, dan juga ikan.

Zink (seng). Seng merupakan nutrisi tubuh yang penting dipenuhi untuk tumbuh kembang anak. Bahkan dalam tubuh lebih 70 enzim yang membutuhkan zinc supaya bisa menjalankan fungsinya masing-masing, terutama dalam sistem pencernaan dan metabolisme. Pentingnya zinc dalam pertumbuhan anak bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti tomat, bayam, dan juga brokoli.

Asam lemak esensial. Adanya asam lemak esensial memiliki beragam manfaat untuk tumbuh kembang anak. Asam lemak berfungsi dalam mengatur sistem saraf, memperlancar aliran darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu dalam menyerap nutrisi, serta membantu pembentukan sel. Untuk anak-anak asam lemak esensial juga diperlukan dalam mempertahankan fungsi otak serta mengatur penglihatan anak.  Selanjutnya sebagai sumber asam lemak esensial sendiri bisa didapatkan dari jenis makanan seperti ikan tuna, telur, dan kacang-kacangan.

Kalium. Adanya kalium dalam tubuh berfungsi dalam menjaga tekanan darah serta mengontrol keseimbangan air dalam tubuh. Selain itu adanya kalium juga membantu untuk fungsi otot dan irama jantung. Konsumsi yang sesuai kebutuhan harian tubuh untuk kalium dalam jangka panjang juga bermanfaat dalam mengurangi resiko osteoporosis dan batu ginjal. Untuk mendapatkannya bisa dipilihkan dari jenis makanan seperti susu, tomat, dan juga pisang.

Magnesium. Mineral merupakan salah satu nutrisi penting untuk kesehatan dan pertumbuhan anak. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari magnesium yaitu dalam menjaga tulang agar tetap kuat, mendukung sistem kekebalan tubuh anak, membantu menjaga fungsi otot dan saraf, serta membuat irama jantung tetap stabil. Berbagai jenis buah-buahan seperti alpukat dan pisang bisa menjadi pilihan sumber magnesium. Selain itu sayuran dan ikan juga bisa menjadi pilihan lainnya. 

Asupan vitamin. Berbagai macam asupan vitamin mulai dari vitamin A, C, D, dan E memiliki fungsi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin anak juga memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Berikan berbagai jenis vitamin untuk anak dari berbagai makanan baik dari sayuran, buah-buahan, daging, dan yang lainnya. 

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar