Cara Mudah Membedakan Kalung Berlian yang Asli Bagi Pemula



Kalung merupakan aksesoris sekaligus perhiasan yang banyak dilirik oleh kaum perempuan. Terlebih untuk jenis atau varian kalung berlian yang punya nilai estetika maupun nilai investasi yang lebih bagus dibandingkan jenis kalung perhiasan yang lain.

Akan tetapi, saat ini banyak jenis berlian imitasi yang ada di pasaran. Maka dari itulah Anda harus mengetahui cara membedakan mana jenis berlian asli dan mana berlian palsu. Nah, berikut ini kami akan mencoba menjelaskannya secara detail kepada Anda.

Ciri-Ciri Berlian Asli


Untuk membedakan mana berlian asli dan mana berlian palsu ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan, lho. Ciri-ciri berlian asli ternyata bisa bedakan sendiri tanpa harus belajar bagaimana cara membedakannya.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa coba Anda perhatikan sendiri untuk menilai kualitas berlian asli tanpa menggunakan apapun. Nah, berikut ini kami akan coba menjelaskannya kepada Anda.

1.  Tidak Mudah Hancur dan Pecah

Saking bening dan berkilaunya sebuah berlian, tidak sedikit orang yang menilainya menilainya mirip seperti kaca. Tapi jangan salah, sebening apapun berlian, Anda tidak bisa memecahkan dan menghancurkannya dengan mudah.

Berlian adalah batu permata indah yang memiliki tingkat kekerasan yang ekstrim. Berlian bahkan tidak bisa dihancurkan dan digores begitu saja. Bahkan, proses pemotongan berlian pun bahkan dilakukan dengan menggunakan berlian asli lainnya karena sama-sama keras.

2.  Tenggelam di Dalam Air

Tes sederhana lain untuk membedakan berlian asli dengan yang palsu dengan menggunakan air. Anda bisa memasukkan berlian ke dalam segelas air. Kemudian silahkan Anda lihat apakah berlian tersebut tenggelam atau mengambang?

Berlian yang asli akan tenggelam jika Anda masukkan ke dalam gelas. Sedangkan berlian palsu biasanya lebih ringan dibandingkan dengan berlian asli sehingga mengambang ketika dimasukkan ke dalam air.

3.  Mampu Merefleksikan Cahaya

Kalung berlian asli jauh lebih cantik dan berkilau dibandingkan dengan berlian imitasi. Itu karena berlian memiliki kemampuan untuk memantulkan atau merefleksikan cahaya dari berbagai sisi.

Sinar cahaya yang mengenai berlian tersebut akan mengenai bagian bawah permukaannya lalu kemudian karena bentuknya yang miring, maka cahaya tersebut akan dipantulkan kembali ke permukaan sehingga menjadikannya tampak lebih berkilau.

4.  Berlian Mampu Menyerap Panas

Semua jenis berlian asli tidak akan bisa dibakar. Ketika berlian asli dibakar, maka berlian tersebut akan menyerap panas sehingga tidak akan meleleh maupun berubah warna ketika kita membakarnya.

Berbeda terbalik dengan jenis berlian imitasi, di mana berlian imitasi biasanya akan hancur ketika dibakar sekaligus akan membuat berlian tersebut berubah warnanya karena kerusakan yang diakibatkan oleh panas.

Cara Instan Untuk Mengecek Keaslian Berlian

Saat ini Anda tidak perlu susah-susah membedakan mana jenis berlian asli dan mana jenis berlian palsu. Ada dua cara paling mudah bagi Anda yang ingin mengetahui cara membedakannya. Berikut kedua cara tersebut.

1.  Menggunakan Diamond Selector

Cara instan pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan alat bernama diamond selector. Alat ini memungkinkan Anda untuk mengecek keaslian berlian tanpa ribet. Cukup dengan menempelkan alat ini, kemudian tunggu alat tersebut berbunyi dan menyala yang menandakan berlian tersebut asli.

2.  Pastikan Berlian Bersertifikat

Sertifikat berlian berisi berbagai informasi terkait berlian tersebut. Adapun informasinya berisi seputar detail keaslian berlian, kualitas, hingga tempat berlian tersebut ditemukan.

Itulah beberapa cara yang paling mudah untuk membedakan mana kalung berlian yang asli dan mana kalung palsu. Kini Anda tidak perlu ribet mencari mana berlian yang asli dan mana berlian palsu karena bisa langsung membeli yang asli di Mondial.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar