Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Anak Tumbuh Tinggi


Pertumbuhan anak yang optimal tentu menjadi dambaan bagi setiap orang tua, termasuk soal tinggi badan. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan si Kecil, salah satunya adalah faktor genetik atau keturunan. Namun demikian, ada beberapa hal juga yang bisa Bunda lakukan untuk membantu agar anak tumbuh tinggi secara optimal. Apa sajakah itu?


  1. Pola Makan Seimbang

Cara terbaik untuk memaksimalkan pertumbuhan tinggi tubuh anak adalah dengan memastikan mereka mendapatkan asupan gizi yang cukup. Bunda perlu untuk menerapkan pola makan anak yang yang sehat dan seimbang dengan menyertakan protein, karbohidrat, lemak, serta vitamin dan mineral.


  1. Aktif Bergerak

Aktif bergerak dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan berolahraga secara teratur. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat, selain menjaga kesehatan tubuh, juga dapat memperkuat otot dan tulang serta mampu mempertahankan berat badan ideal. Ada beberapa olahraga yang terbukti dapat membantu tumbuh tinggi anak, diantaranya:




  • peregangan

  • bergelantungan

  • yoga

  • berenang

  • skipping

  1. Paparan Sinar Matahari Pagi

Sinar matahari pagi menjadi sumber vitamin D yang berperan untuk membantu pertumbuhan otot dan tulang, sehingga mampu mendukung untuk meningkatkan tinggi badan anak. Vitamin D juga berfungsi untuk membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan. Paparan sinar matahari yang baik adalah sekitar pukul 07.00-10.00.


  1. Tidur Cukup

Dengan jam tidur yang cukup, tubuh dapat melepaskan hormon pertumbuhan yang disebut HGH. HGH ini memiliki peran penting dalam meningkatkan tinggi badan. Umumnya, balita butuh tidur 11-13 jam per hari sementara anak usia sekolah butuh tidur sebanyak 10-11 jam per hari.


  1. Minum Susu

Seperti yang diketahui, Susu merupakan salah satu sumber kalsium yang baik bagi pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Oleh karena itu biasakan buah hati anda minum susu setiap hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium agar pertumbuhan tulangnya optimal.

Untuk susu pertumbuhan anak, Bunda dapat mempercayakannya pada Dancow Gum karena nutrisinya yang lebih tinggi dan rasanya yang lezat pasti disukai si Kecil. Dancow Gum dengan kandungan 0 gram Sukrosa, lebih banyak Laktosa dan dilengkapi manfaat perlindungan dari Lactobacillus rhamnosus, akan melindungi masa pertumbuhan si kecil dan mendukung kegiatan eksplorasinya.







 

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar