Tempe, Makanan Nutrisi Tinggi yang Baik untuk Kesehatan

Salah satu makanan khas Indonesia berbahan kedelai yang telah difermentasi bernama tempe ini banyak sekali manfaatnya. Selain dari kedelai, makanan nutrisi tinggi satu ini juga dapat dibuat dari beragam jenis kacang lainnya, misalnya kacang tanah. Tempe mengandung banyak sekali nutrisi baik yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya protein yang tinggi dan juga rendah kandungan lemak. 

Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak manfaat tempe berikut ini. 

Manfaat tempe bagi kesehatan tubuh

Sumber protein yang baik

Tempe ternyata memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari daging sapi. Karena hal tersebut, tempe seringkali dijadikan sebagai makanan pengganti daging. Para vegetarian lebih memilih tempe ketimbang daging sapi untuk memenuhi kebutuhan proteinnya. Setiap 100 gram tempe mengandung 20 gram protein. 

Jumlah ini mampu memenuhi 34% protein harian bagi orang dewasa. Selain berfungsi untuk menjaga jaringan otot, protein juga berfungsi untuk menghasilkan enzim proteolitik yang mampu memecah rantai protein, sehingga dapat diserap oleh tubuh. 

Tempe mengandung antioksidan yang tinggi

Selanjutnya, tempe berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menjadi penyebab terjadinya kanker.  Tempe mengandung isoflavon dan nutrisi lain yang dapat menangkal radikal bebas. Peran tempe sebagai antioksidan terbukti lebih ampuh dari pada kedelai rebus biasa. 

Sebagai sumber kalsium yang baik

Manfaat tempe selanjutnya yaitu tempe menjadi sumber kalsium dalam tubuh. Susu memang menjadi sumber kalsium yang banyak diketahui orang. Namun, tempe juga tidak kalah loh. Kandungan kalsium yang dimiliki tempe tidak jauh berbeda dengan susu. Setiap 100 gram susu mengandung 125 miligram kalsium. Sedangkan setiap 100 gram tempe mengandung 155 miligram kalsium. 

Dapat dijadikan menu diet

Tempe juga dapat dijadikan sebagai menu diet loh. Tempe memiliki kandungan yang tinggi protein, serat, serta rendah lemak. Selain memiliki banyak kandungan baik, tempe juga mudah diserap oleh tubuh. Kandungan vitamin B kompleks dalam tempe sangat baik untuk memenuhi asupan nutrisi ketika tengah menjalani program diet. 

Tempe dapat memenuhi kebutuhan vitamin B12

Manfaat tempe selanjutnya yaitu memenuhi kebutuhan vitamin B12. Vitamin B12 memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi tubuh. Misalnya menghasilkan sel darah merah, membantu proses sintesis DNA, mengaktifkan asam folat, menjaga kesehatan sistem saraf dalam tubuh, serta fungsi otak. Selain itu, tempe juga merupakan satu-satunya sumber vitamin B12 yang berasal dari tumbuhan. 

Tempe makanan tinggi nutrisi yang aman untuk pengidap diabetes

Selain banyak sekali manfaat tempe yang telah disebutkan di atas, tempe merupakan makanan nutrisi tinggi yang baik untuk penderita diabetes. Pengidap kondisi ini tidak bisa sembarangan memilih menu makanan. Hal ini disebabkan karena penderita harus memperhatikan kadar gula darah dalam apa saja yang dikonsumsinya. 

Tempe mengandung isoflavon dan serat yang mampu mengontrol kestabilan gula darah. Selain itu, tempe juga mampu memperbaiki resistensi insulin dalam tubuh. Namun, selain baik untuk pengidap diabetes, tempe juga baik dikonsumsi untuk menurunkan resiko diabetes.oleh karena itu sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak. 

Meskipun tempe memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, mengkonsumsi tempe secara berlebihan tanpa memperhatikan nilai gizi juga tidak baik. Anda bisa memenuhi kebutuhan gizi anak dengan memberinya produk susu dari Nutricia. Nah, itulah beberapa manfaat tempe untuk kesehatan. Semoga bermanfaat. 

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar