Cara Mengecek Keaslian Gelang Emas Agar Tidak Salah Beli



Emas masih dan akan selalu menjadi perhiasan favorit para wanita. Bukan hanya menunjang penampilan saja, gelang emas juga bisa dijadikan sebagai tabungan dan investasi. Anda bisa menjual gelang ketika membutuhkan dana darurat. Karena termasuk perhiasan yang populer, gelang dari emas tentu saja sangat mudah untuk dijual atau digadaikan. Jika menjualnya dalam jangka waktu panjang, misalnya lebih dari 10 tahun, maka akan terjadi kenaikan juga.

Namun sayangnya masih banyak oknum tak bertanggung jawab yang mengatakan gelang asli padahal sebenarnya palsu. Untuk menghindari kerugian akibat gelang palsu, maka Anda wajib mengetahui cara mengecek keaslian gelang. Berikut ini adalah informasi cara mengeceknya:

Memperhatikan Fisik Gelang

Langkah awal yang perlu Anda lakukan saat akan membeli gelang baru adalah memperhatikan fisiknya. Sebenarnya dari segi fisik saja sudah ada perbedaan antara gelang asli dan palsu. Orang-orang yang sudah berpengalaman biasanya melihat keaslian gelang dari fisiknya saja. 


Karena Anda masih awam, Anda mungkin akan sedikit kesulitan mengetahui kualitas dan keaslian gelang dari fisik. Cek saja cap yang menunjukkan kadar karat untuk mengetahui emas yang digunakan asli atau bukan. Jika emas tersebut asli, maka akan ada cap satuan karat seperti 16K, 18K, dan lain sebagainya.

Gosok Pelan Menggunakan Ibu Jari

Jika tidak berhasil mengetahui keaslian gelang dari fisik, Anda boleh mulai mengujinya. Cara pertama yaitu dengan menggosok pelan gelang menggunakan ibu jari. Gelang yang asli adalah gelang berkualitas jadi warnanya tidak akan pudar. Sebaliknya, gelang palsu akan memudar meskipun hanya digosok pelan.

Menggunakan Magnet

Perlu Anda ketahui bahwa emas merupakan logam yang bersifat non magnetis. Artinya, emas tidak akan bereaksi apabila dekat dengan medan magnet. Gelang Anda tidak akan tertarik ketika didekatkan dengan magnet. Namun emas yang digunakan pada gelang Anda mungkin saja memiliki kandungan logam magnetis. Jadi pengujian ini harus dilanjutkan dengan pengujian lainnya.

Uji Suara

Uji suara menjadi langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui keaslian sebuah gelang dari emas. Caranya yaitu dengan mengetuk gelang Anda menggunakan koin. Emas asli akan mengeluarkan nada yang panjang dan tinggi saat beradu dengan koin yang terbuat dari logam. Sedangkan emas palsu memiliki suara yang jauh lebih pendek.

Mengecek Keaslian Sertifikat

Sertifikat perhiasan emas menunjukkan bahwa gelang yang Anda beli asli. Namun yang menjadi masalah adalah tidak semua sertifikat yang diberikan asli. Oleh sebab itu, penting mengecek keaslian sertifikat emas sebelum membelinya. Caranya dengan meletakkan sertifikat di bawah sinar UV atau ultraviolet. Akan muncul garis minor warna-warni apabila sertifikat tersebut asli. Selain itu, sertifikat asli juga memiliki logo watermark perusahaan yang terlihat berkualitas.

Mengecek Tempat Membelinya

Selain menunjukkan keaslian gelang, sertifikat juga bisa menunjukkan di mana tempat membeli gelang. Anda harus mengecek tempat membelinya apakah kredibel atau tidak. Toko yang kredibel tidak akan menjual barang palsu karena akan berpengaruh pada kepercayaan pelanggan yang sudah lama dibangun.

Meminta Bantuan Ahli

Cara terakhir yaitu meminta bantuan ahli dengan membawa ke toko perhiasan emas. Setiap toko perhiasan memiliki alat khusus untuk mengecek keaslian emas. Bukan hanya itu saja, Anda biasanya juga bisa mengecek kadar karat emas. Namun Anda biasanya harus membayar apabila mengecek tanpa membeli.

Itulah cara mengecek keaslian gelang emas yang perlu Anda pahami. Rekomendasi toko perhiasan yang menjamin keaslian gelang yang ditawarkan adalah The Palace. Bukan hanya logam emasnya saja, brand ini juga menjamin berlian yang dipasang pada gelang asli. Lihat detail informasi mengenai The Palace di www.thepalacejeweler.com

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar