6 Keuntungan Jika Melanjutkan Kuliah S2 Manajemen



Magister Manajemen merupakan kuliah pascasarjana yang bisa diambil setelah mendapatkan gelar Sarjana. Tidak hanya Sarjana Ekonomi ataupun Sarjana Manajemen saja, kuliah S2 Manajemen juga bisa diambil oleh background sarjana lainnya. Meskipun penyetaraannya berbeda dengan sarjana yang memang memiliki basic manajemen. Meskipun jelas menguntungkan, namun masih banyak orang yang ragu untuk kuliah Magister Manajemen. Apakah Anda salah satunya? Untuk menyakinkan Anda, ketahui keuntungan melanjutkan kuliah berikut ini:

Kesempatan Karir Lebih Luas

Sebagian besar orang yang melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 menginginkan kesempatan karir yang lebih luas. Dibandingkan lulusan S1, lulusan S2 tentu saja memiliki peluang yang lebih luas karena pendidikannya lebih tinggi. Jabatan tertentu juga biasanya mengharuskan seseorang untuk bergelar Magister. Contohnya dosen paling tidak harus bergelar Magister. Kesempatan karir yang luas tersebut juga diimbangi dengan peluang gaji yang lebih tinggi.

Ilmu dan Wawasan Lebih Luas

Selain menginginkan karir yang lebih penting, sebagian besar orang ingin mendapatkan ilmu dan wawasan yang lebih luas sehingga memilih melanjutkan pendidikan S2. Ada banyak sekali ilmu di jenjang kuliah S2 yang belum Anda dapatkan di jenjang S1. Biasanya ilmu-ilmu tersebut juga lebih detail dibandingkan saat kuliah S1 dulu. Saat S2, Anda biasanya bisa mengambil konsentrasi tertentu seperti Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, Manajemen Marketing, dan lain sebagainya.

Bergengsi

Jurusan Manajemen merupakan salah satu jurusan bergengsi yang diminati oleh banyak orang. Di beberapa perguruan tinggi, Manajemen bahkan menjadi jurusan yang paling diminati di rumpun Soshum atau Sosial dan Humaniora. Anda yang lulus sebagai Magister Manajemen bisa mengalahkan banyak orang yang ingin masuk ke jurusan ini.

Belajar Entrepreneur

Meskipun bukan jurusan bisnis, namun Manajemen tetap berhubungan dengan bisnis. Jiwa entrepreneur dan ilmu yang didapatkan selama kuliah S2 akan sangat bermanfaat nantinya. Pasalnya entrepreneur merupakan salah satu penyelamat ekonomi bangsa. Jika Anda mampu mendirikan sebuah bisnis dengan ilmu manajemen yang dimiliki, maka Anda sama saja seperti membuka lapangan kerja baru. Lulusan Magister Manajemen banyak belajar di lapangan sehingga memiliki kemampuan praktis seperti persuasi, memecahkan masalah, analisis, serta riset.

Bisa Lanjut S3

Lulusan Magister Manajemen tidak harus langsung bekerja atau mendirikan usaha sendiri. Anda bisa melanjutkan pendidikan ke luar maupun dalam negeri. Lulusan S3 Manajemen yang bergelar Doktor memiliki kesempatan kerja yang lebih luas lagi nantinya. Jabatannya pun akan lebih tinggi. Anda tidak bisa kuliah S3 Manajemen apabila belum melalui pendidikan jenjang S2.

Lebih Unggul Dibandingkan Kompetitor

Keunggulan kuliah jenjang S2 yang terakhir yaitu lebih unggul dibandingkan kompetitor. Sebagian besar orang kuliah sampai jenjang sarjana saja, jika Anda memiliki gelar Magister, maka Anda lebih unggul dibandingkan kompetitor yang melamar kerja. Apalagi jika melanjutkan S3, maka akan lebih menguntungkan lagi. 

Kampus Terbaik dengan Jurusan Magister Manajemen

Magister Manajemen merupakan jurusan kuliah yang cukup populer, jadi banyak kampus yang menawarkannya. Rekomendasi kampus terbaik yang menawarkan jurusan ini adalah Universitas Indonesia atau UI. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kampus yang berlokasi di Depok ini karena menjadi kampus terbaik di Indonesia.

Jurusan Magister Manajemen sendiri berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis atau FEB. Ada tiga jalur masuk yang bisa Anda coba untuk menjadi mahasiswa Universitas Indonesia yaitu SBMPTN, SNMPTN, dan SIMAK. Informasi lebih lengkap mengenai kuliah S2 Manajemen di UI bisa Anda lihat di website www.ui.ac.id

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar