Cara Aman Kredit dengan Agunan BPKB, Wajib Baca!

 

Produk kredit yang ada di Indonesia cukup beragam mulai dari kredit tanpa agunan, kredit dengan agunan sertifikat, sampai kredit dengan agunan BPKB. Sesuai namanya, Anda harus menyerahkan BPKB kendaraan saat mengajukan pinjaman. Risiko terberat dari produk kredit ini yaitu penyitaan kendaraan yang dijadikan jaminan.

Meskipun begitu, kredit agunan BPKB tetap menguntungkan karena proses pencairan cepat dan plafonnya tinggi. Untuk menghindari resiko terberat, berikut cara aman mengajukan kredit:

Menentukan Tujuan Utama

Sebelum memutuskan mengajukan kredit, Anda wajib mengetahui tujuan utamanya. Jangan sampai Anda mengajukan kredit agunan BPKB hanya untuk memenuhi gaya hidup atau gengsi. Pasalnya kredit untuk kebutuhan konsumtif akan membebani keuangan di masa datang. Berbeda dengan kredit untuk tujuan produktif, Anda bisa mendapatkan uang dari pinjaman tersebut. Misalnya membangun usaha, ekspansi usaha, dan lain-lain. 

Memilih
Lembaga Legal

Hal terpenting yang harus Anda lakukan saat ingin mengajukan kredit adalah memilih lembaga legal. Apalagi jika Anda mengajukan pinjaman secara online. Lembaga legal sudah mendapatkan izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga aman. 

Pahami Produk Pinjaman

Jika sudah menentukan tujuan dan lembaga pembiayaan, selanjutnya Anda perlu memahami produk pinjaman. Pasalnya setiap lembaga menawarkan produk pinjaman yang berbeda-beda. Tentukan plafon dan tenor yang sesuai kebutuhan Anda. Jangan lupa cek tingkat suku bunganya, pastikan di bawah 30%.


Pelajari Kebijakannya

Selain memahami produk, Anda juga harus mempelajari kebijakan yang diterapkan lembaga. Contohnya yaitu kebijakan bunga masuk flat, fixed, floating, dan lain sebagainya. Lalu tanyakan juga mengenai denda keterlambatan. Jika terlambat satu hari, satu minggu, atau satu bulan sanksi apa yang akan diterima. 

Bayar Cicilan Tepat Waktu

Langkah terakhir yang paling penting adalah membayar cicilan tepat waktu. Jika menunggak terlalu banyak, Anda akan merasa keberatan. Oleh sebab itu, sebelum mengajukan kredit lakukan simulasi terlebih dahulu. Simulasi bisa membantu Anda menentukan jumlah pinjaman dan tenor sehingga cicilannya sesuai kemampuan.

Nah, itulah cara aman kredit dengan agunan BPKB yang bisa Anda ikuti. Rekomendasi lembaga legal yang menawarkan kredit agunan BPKB kendaraan baik motor dan mobil adalah KreditPlus. Lembaga satu ini legal karena sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Anda bisa mengajukan langsung ke kantor terdekat atau melalui aplikasi online.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar