Tahapan Perkembangan Bayi dari Usia 0 - 10 Bulan



Setiap tahap perkembangan bayi adalah perjalanan menakjubkan yang penuh dengan pencapaian kecil yang luar biasa. Dari kelahiran hingga usia 11 bulan, bayi mengalami serangkaian perubahan yang menakjubkan, baik dalam hal fisik maupun kognitif. Pada usia tahun pertama bayi merupakan masa masa penting yang berpengaruh terhadap perkembangan dari bayi, khususnya usia 1 tahun pertama.


Pemahaman yang baik tentang tahapan ini tidak hanya membantu orangtua menghargai kemajuan anak mereka, tetapi juga membantu mengidentifikasi adanya masalah perkembangan yang mungkin memerlukan perhatian khusus. Karena usia tahun pertama bayi sangat penting, seperti yang diungkapkan oleh Briggs, Psy.D., yang merupakan pimpinan program healthy Steps di Montefiore Medical Center New York. Berikut beberapa panduan yang membahas milestone penting dalam perkembangan bayi dari usia 0 hingga 11 bulan:


0-1 Bulan: Pertumbuhan dan Pengembangan Awal


Pada bulan pertama, bayi biasanya mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Mereka mulai mengenali suara, cahaya dan suhu, bayi akan mulai merespons sentuhan dan mulai mengembangkan pola tidur yang lebih teratur dari biasanya. Bayi biasanya juga mulai menunjukkan reaksi terhadap wajah dan suara orang tua. Jadi penting untuk Anda melakukan interaksi dengan si Kecil agar perkembangan ini semakin kuat.


2-4 Bulan: Kemampuan Motorik dan Sosialisasi Awal


Pada usia ini, bayi mulai mengangkat kepala dan dada mereka saat berbaring tengkurap. Bayi juga mulai mengeksplorasi tangan dan mulai belajar untuk memegang mainan, selain itu sorot mata mereka menjadi lebih tajam dan akan mulai merespons senyum orang lain, bahkan mencoba meniru ekspresi wajah.


5-7 Bulan: Proses Merangkak dan Perkembangan Bahasa


Bayi pada tahap ini biasanya belajar merangkak atau berputar. Bayi akan mulai belajar untuk meraih benda di dekat mereka dan memindahkannya dari satu tangan ke tangan lainnya. Lalu dari perkembangan bahasa, bayi akan melakukan percobaan suara, ini merupakan awal mereka berkembang menjadi teriakan dan cobaan mengucapkan beberapa suku kata sederhana.


8-10 Bulan: Peningkatan Mobilitas dan Interaksi Sosial


Pada usia ini, bayi mulai belajar berdiri dengan bantuan dan merangkak dengan cepat, di usia ini juga bayi akan mulai mengeksplorasi lingkungan sekitar dengan cara yang lebih aktif. Interaksi sosial mereka juga mulai meningkat  dan bayi akan mulai mengenali beberapa kata yang sering digunakan dalam percakapan sehari hari di lingkungan rumah.


Penting bagi orang tua untuk memantau perkembangan bayi dan memberikan lingkungan yang aman untuk merangsang dan membantu mereka mencapai setiap milestone dengan baik. Untuk menunjang aktivitas si Kecil yang aktif setiap hari, popok MAKUKU SAP Diapers adalah pilihan terbaik, yang mana merupakan pelopor popok yang super menyerap dan super tipis dan anti gumpal pertama di Indonesia berkat teknologi SAP (Super Absorbent Polymer).

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar