Iritasi Mata: Begini Cara Mengatasinya dengan Benar!

Iritasi Mata

Iritasi pada mata merupakan salah satu masalah umum yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti dari reaksi alergi, terpapar asap rokok dan lain sebagainya. Mengalami iritasi mata ini, tentu saja akan mengganggu rutinitas dan juga kualitas kehidupan seseorang. 

Bagaimana Cara Mengatasi Iritasi pada Mata yang Benar?

Berikut cara mengatasi iritasi mata yang benar, dan bisa Anda lakukan dari sekarang juga. 

  1. Menghindari Sumber Polusi Udara

Polusi udara atau asap rokok, sejatinya bisa menjadi penyebab terjadinya iritasi pada mata. Agar bisa mengurangi iritasi pada mata, Anda bisa menghindari paparan langsung terhadap polusi udara tersebut, dan baiknya mendiami ruangan yang bersih dengan adanya sistem sirkulasi udara yang baik. 

  1. Gunakan Kacamata

Jika Anda sering berada di lingkungan yang berdebu atau kurang steril, baiknya untuk selalu menggunakan kacamata saat menjalani aktivitas. Setidaknya dengan menggunakan kacamata ini, dapat membantu melindungi mata Anda dari potensi masuknya partikel asing, yang menjadi penyebab terjadinya iritasi pada mata. 

  1. Hindari Kebiasaan Mengucek Mata

Meski mata Anda terasa mengganjal, gatal atau perih, sebaiknya jangan menguceknya secara langsung. Sebab hal tersebut malah bisa menyebabkan timbulnya iritasi dan juga infeksi pada mata. Hal ini bisa tambah parah lagi kalau kondisi tangan Anda sedang tidak dalam keadaan yang bersih. 

  1. Lakukan Kompres Dingin

Dengan melakukan kompres dingin, sejatinya bisa membantu meredakan peradangan serta iritasi pada mata. Pergunakan kain bersih dan lembut yang sudah dibasahi dengan air dingin, dan langsung tempelkan ke area mata yang terkena iritasi selama beberapa menit. 

  1. Bersihkan Mata dengan Air yang Bersih

Penyebab iritasi bisa diakibatkan oleh masuknya benda atau partikel kecil pada mata. Dengan begitu, cara mengatasi iritasi pada mata ini bisa dengan membersihkannya dengan menggunakan air yang bersih atau larutan saline. Setelah mata bersih, Anda bisa langsung meneteskan obat mata INSTO yang bisa meredakan iritasi serta memberikan kelembaban pada mata. 

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, sudah dipastikan bisa membantu meredakan serta mengurangi iritasi pada mata. Kalaupun iritasi mata ini terus berlanjut parah, maka jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter mata terdekat.

Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar